Selasa, 04 Juli 2017

Papan Bimbingan


A.      Media Bimbingan Konseling
Media bimbingan dan konseling adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan bimbingan dan konseling yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa atau konseli untuk memahami diri, mengarahkan diri, mengambil keputusan serta memecahkan masalah yang dihadapi.

Media bimbingan dan konseling selalu terdiri atas dua unsure penting, yaitu unsure peralatan atau perangkat keras (hardware) dan unsure pesan yang dibawanya (message/software). Dengan demikian perlu Anda camkan, media bimbingan dan konseling memerlukan peralatan untuk menyajikan pesan, namun yang terpenting bukanlah peralatan itu. Tetapi pesan atau informasi bimbingan dan konseling yang dibawakan oleh media tersebut.

Perangkat lunak (software) adalah informasi atau bahan bimbingan dan konseling itu sendiri yang akan disampaikan kepada siswa atau konseli, sedangkan perangkat keras (hardwere) adalah sarana atau peralatan yang digunakan untuk menyajikan pesan/bahan bimbingan dan konseling tersebut. Adapun salah satu contoh dari media bimbingan konseling adalah Papan Bimbingan.

B.       Pengertian Papan Bimbingan
Papan bimbingan adalah papan yang khusus digunakan untuk mempertunjukkan materi-materi bimbingan dan konseling yang berisi artikel, gambar, bagan poster, dan objek dalam bentuk tiga dimensi. Papan bimbingan juga merupakan salah satu media yang efektif bagi perubahan perilaku siswa.

Papan bimbingan merupakan media bimbingan dan konseling yang sangat murah, mudah pengadaannya, sangat efektif dilihat banyak siswa, tidak memerlukan perawatan khusus, dan sangat familier bagi guru, konselor, maupun siswa. Papan bimbingan merupakan media untuk memberikan informasi, imbauan, tempat menuangkan kreativitas, gagasan dan ide bagi siswa dan semua warga sekolah selama hal tersebut demi pertumbuhan dan perkembangan siswa. Papan bimbingan ini seringkali menjadi tempat semua siswa mendapatkan dan bahkan mencari informasi berkaitan dengan informasi belajar, karir atau peluang kerja, dan studi lanjut, bahkan pencerahan spiritual untuk meningkatkan kadar keimanan dan pendidikan moral/akhlak mulia siswa.

Mengingat begitu pentingnya papan bimbingan bagi siswa maka menuntut para guru pembimbing atau konselor untuk senantiasa menyajikan informasi yang up to date, dipajang dengan menarik, menggunakan bahasa lugas tetapi mengenai sasaran. Guru BK/Konselor mempersilakan siswa untuk memberikan informasi seluas-luasnya selama itu berguna bagi perkembangan dan membuka wawasan siswa lainnya yang sebelumnya melalui bimbingan seizin guru pembimbing atau konselor. Jadi tidak selamanya guru bk atau konselor sekolah sibuk dan repot mencari data atau informasi sendiri dan selanjutnya ditempel pada papan bimbingan, namun disadari bahwa siswa juga memiliki kemampuan luar biasa mencari informasi penting melalui internet yang dapat disebarluaskan kepada teman-temannya di sekolah melalui papan bimbingan.  Dengan demikian fungsi guru bk/konselor ialah memotivasi siswa memanfaatkan semaksimal mungkin papan bimbingan baik untuk menerima informasi maupun memberikan sumbangan informasi pada bidang belajar, pribadi, sosial, karir, maupun kehidupan berkeagamaan/akhlak mulia.

C.      Manfaat Papan Bimbingan
Adapun manfaat dari papan bimbingan diantaranya, yaitu:
1.      Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis.
2.      Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, tenaga, dan daya indra.
3.      Menimbulkan gairah siswa, interaksi lebih langsung antara siswa dengan guru BK.
4.      Proses layanan bimbingan dan konseling dapat lebih menarik.
5.      Kualitas layanan bimbingan dan konseling dapat ditingkatkan.
6.      Meningkatkan sikap positif peserta didik terhadap materi layanan bimbingan dan konseling.
7.      Dapat mengatasi berbagai keterbatasan pengalaman peserta didik.
8.      Dapat membangkitkan keinginan dan minat baru.
9.      Dapat membangkitkan motivasi dan merangsang peserta didik untuk belajar.
Jadi, sangat jelas bahwa media papan bimbingan sangat membantu dalam berlangsungnya pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling, media papan bimbingan memudahkan pemahaman bagi peserta didik dan dengan media papan bimbingan guru BK atau konselor sangat terbantu.

D.      Kelebihan dan Kekurangan Papan Bimbingan
1.    Kelebihan
a.    Biaya yang digunakan tidak terlalu banyak/murah dan pembuatannya mudah
b.    Dapat menarik minat siswa untuk membaca
2.    Kelemahan
a.    Membutuhkan ketrampilan dalam pembuatannnya
b.    Penyajian pesan hanya unsur visual saja (yang dapat dilihat).

E.     Cara Pembuatan Papan Bimbingan
1.    Ukuran papan bimbingan jangan terlalu besar atau kecil
2.    Alas yang digunakan bisa berupa triplek atau steroform
3.    Ukuran huruf jangan terlalu kecil agar mudah dibaca
4.   Kumpulkan bahan-bahan berupa gambar, kartun objek, gunting, lem, paku payung dan lain-lain
5.    Papan bimbingan harus menarik
6.    Agar menarik, perlu dicat dengan warna dan diberi bingkai agar terlihat rapi.
7.    Berilah judul yang menarik dengan warna dan ukuran yang besar agar terlihat dengan jelas.
8.    Gunakan gradasi warna agar lebih menarik siswa untuk melihat.
9.  Gunakan penyajian dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh siswa, bukan bahasa guru  maupun bahasa yang terlalu formal.
10.    Lay out dan design menggunakan teknik dummy, yaitu meletakkan gambar agar seimbang.
11.    Tempelkan materi dalam papan bimbingan sesuai dengan fungsinya

1 komentar:

idahxiao mengatakan...

3 TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN
TINN TINN TINN TINN titanium watch band TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN titanium easy flux 125 amp welder TINN TINN TINN ford escape titanium 2021 TINN TINN TINN TINN TINN TINN titanium element TINN titanium tube TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN

Posting Komentar